Rabu, 10 Februari 2010

Define virus, worm, dan Trojan

Define virus, worm, dan Trojan


Virus komputer yang sengaja dibuat dan dikirimkan oleh penyerang. Virus adalah melekat pada potongan-potongan kecil kode komputer, perangkat lunak, atau dokumen. Virus mengeksekusi ketika perangkat lunak dijalankan pada komputer. Jika virus menyebar ke komputer lain, komputer itu bisa terus menyebarkan virus.

Virus adalah sebuah program yang ditulis dengan maksud jahat dan dikirimkan oleh penyerang. Virus ini dipindahkan ke komputer lain melalui e-mail, file transfer, dan instant messaging. Virus menyembunyikan dengan mengikatkan diri pada sebuah file di komputer. Ketika file tersebut diakses, mengeksekusi virus dan menginfeksi komputer. Sebuah virus memiliki potensi untuk korup atau bahkan menghapus file di komputer Anda, gunakan e-mail Anda untuk menyebarkan dirinya ke komputer lain, atau bahkan menghapus seluruh hard drive anda.




eberapa virus bisa sangat berbahaya. Jenis yang paling merusak virus ini digunakan untuk merekam keystrokes. Virus ini dapat digunakan oleh penyerang untuk memanen informasi sensitif, seperti password dan nomor kartu kredit. Virus bahkan dapat mengubah atau merusak informasi pada komputer. Stealth virus dapat menginfeksi komputer dan berbaring tertidur sampai dipanggil oleh penyerang.

Sebuah cacing adalah mereplikasi diri-program yang berbahaya bagi jaringan. Sebuah worm menggunakan jaringan untuk menduplikasi kodenya ke host di dalam sebuah jaringan, seringkali tanpa campur tangan pengguna. Hal ini berbeda dari virus karena cacing tidak perlu melampirkan untuk sebuah program untuk menginfeksi host. Bahkan jika cacing tidak merusak data atau aplikasi pada host yang menginfeksi, ini berbahaya untuk jaringan karena mengkonsumsi bandwidth.

Sebuah Trojan secara teknis cacing. Troya tidak perlu harus terpasang ke perangkat lunak lain. Sebaliknya, ancaman Trojan yang tersembunyi dalam software yang muncul untuk melakukan satu hal, namun di belakang layar itu tidak lain. Trojan sering menyamar sebagai piranti lunak berguna. Program Troya dapat mereproduksi seperti virus dan menyebar ke komputer lain. Data komputer kerusakan dan kehilangan produksi dapat signifikan. Seorang teknisi mungkin diperlukan untuk melakukan perbaikan, dan karyawan mungkin kehilangan atau harus mengganti data. Komputer yang terinfeksi dapat mengirimkan data penting ke pesaing, sementara pada saat yang sama menulari komputer lain pada jaringan.

Perlindungan virus perangkat lunak, yang dikenal sebagai anti-virus software, adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mendeteksi, nonaktifkan, dan menghilangkan virus, worm, dan Trojan sebelum mereka menginfeksi komputer. Software anti-virus dengan cepat menjadi usang, bagaimanapun, dan itu adalah tanggung jawab teknisi untuk menerapkan pembaruan terbaru, patch, dan virus definisi sebagai bagian dari jadwal perawatan berkala. Banyak organisasi menetapkan kebijakan keamanan tertulis yang menyatakan bahwa karyawan tidak diperbolehkan untuk menginstal perangkat lunak apapun yang tidak disediakan oleh perusahaan. Organisasi juga membuat karyawan sadar akan bahaya membuka lampiran e-mail yang mungkin berisi virus atau cacing.

0 komentar:

Posting Komentar